Cara Meningkatkan FPS Ketika Bermain Game

No comment 8197 views

PanduanGame.id – Setelah membahas Cara Mendapatkan Uang di GTA V Online, kali ini admin akan membahas tentang Cara Meningkatkan FPS Ketika Bermain Game. Tidak seperti konsol dimana para pengembang mengoptimalkan game untuk perangkat keras tertentu, perangkat PC memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Misalnya saja beberapa PC mengandalkan kartu grafis yang terintegrasi ke prosesor utama, sedangkan PC yang lain mengandalkan kartu grafis PCI Express.

Apapun spesifikasi yang kamu miliki, berikut ini admin bagikan beberapa tips tentang cara meningkatkan FPS (frame per detik). Tapi jika kamu tetap tidak dapat meningkatkan FPS ketika memainkan game terbaru meskipun telah melakukan tips-tips yang admin berikan, sepertinya tidak ada pilihan lain kecuali membeli hardware yang baru.

Cara Meningkatkan FPS Ketika Bermain Game

Berikut ini beberapa Cara Meningkatkan FPS Ketika Bermain Game yang dapat kamu coba :

1. Update driver kartu VGA/kartu grafis

Menggunakan driver lama akan menghambat hardware untuk memperoleh kinerja terbaik. Saat ini mengupdate driver menjadi lebih mudah karena ada pop-up yang memberi tahu pengguna saat tersedia driver versi terbaru.

Pertama, cari tahu jenis kartu grafis yang kamu miliki, kemudian periksa versi Windows yang kamu gunakan. Jika tidak tahu jenis kartu grafis, silahkan masuk Control Panel > Device Manager > klik Display Adapter.

Untuk mengetahui versi Windows yang kamu gunakan, klik kanan pada My Computer dan pilih Properties. Akan muncul informasi yang bertuliskan versi 32-bit atau 64-bit.

Setelah itu, buka situs kartu grafis yang kamu gunakan untuk mendapatkan driver terbaru, entah itu Intel, Nvidia atau AMD. Jangan buka situs produsennya, seperti Asus, MSI, Gigabyte atau Sapphire. Pastikan memilih model kartu dan sistem operasi yang sesuai.

Setelah terdownload, instal driver dan restart PC. Beberapa pengguna berhasil meningkatkan FPS hingga 30 persen hanya dengan mengupdate driver. Selain itu jangan lupa untuk memastikan Windows kamu apakah sudah up to date atau belum.

2. Optimalkan pengaturan permainan

Cara Meningkatkan FPS Ketika Bermain Game berikutnya adalah dengan mengoptimalkan pengaturan permainan. Idealnya, kamu pasti ingin menjalankan permainan pada resolusi asli monitor. Biasanya kebanyakan PC memiliki resolusi 1920×1080 dan untuk laptop memiliki resolusi 1366×768. Untuk mengetahui secara pasti resolusi monitor kamu, klik kanan pada desktop di Windows 7, 8 atau 10, kemudian klik ‘Screen resolution’.

Menurunkan resolusi akan meningkatkan FPS, tapi jangan mengubah resolusi pada ‘Screen resolution’. Lebih baik kamu mengubahnya dengan masuk ke game yang ingin dimainkan, kemudian buka setting dan ubah pengaturan grafisnya.

Anti-aliasing (AA) adalah salah satu hal yang harus diperhatikan. Memang AA akan menghaluskan garis bergerigi, tapi AA juga memerlukan kinerja lebih besar. Sekarang coba nonaktifkan AA dan lihat bagaimana game berjalan. Kamu dapat mengaktifkan AA dan menyesuaikan ke pengaturan yang seimbang antara kualitas gambar dan kinerja game.

Hal yang sama berlaku pada sebagian besar pengaturan grafis lainnya, termasuk jarak dan bayangan gambar. Efek pencahayaan, termasuk bayang-bayang, cenderung membebani grafis. Intinya, kamu harus melakukan beberapa percobaan, kecuali driver kartu grafis yang kamu gunakan dapat mengoptimalkan pengaturan masing-masing game agar bekerja dengan baik.

3. Periksa kinerja dan benchmark

Jika game yang kamu mainkan menampilkan FPS (kamu harus mengaktifkan opsi ini atau memasang utilitas pihak ketiga seperti FRAPS), Kamu akan melihat seberapa cepat kinerjanya berjalan. Angka minimum (rata-rata) yang dirasa cukup nyaman adalah 25 frame per detik. Jika kurang dari 25 FPS, game tersebut tidak akan terlalu nyaman dimainkan.

FPS akan bervariasi tergantung pada apa yang terjadi di layar. Bila ada banyak tindakan, FPS bisa turun drastis, jadi kamu harus memperhatikannya secara cermat untuk menganalisa pengaturan grafis yang paling tepat.

4. Overclock hardware

Langkah ini tidak admin rekomendasikan untuk dilakukan karena dapat merusak kartu VGA, prosesor, dan RAM. Tapi bagi kamu yang sudah berpengalaman melakukan overclocking maka ada kemungkinan untuk meningkatkan FPS dengan cara ini.

Fokus utamanya pada kartu grafis karena hardware ini yang memiliki dampak langsung pada FPS. Kamu mungkin menemukan opsi untuk melakukan overclock GPU pada driver itu sendiri. Sedangkan overclocking CPU dan RAM bisa lebih mudah karena kamu hanya perlu menemukan pengaturannya di BIOS.

5. Gunakan bantuan software

Banyak sekali program yang berjalan di latar belakang Windows, dan program-program tersebut menggunakan sumber daya termasuk RAM dan prosesor. Kamu bisa menggunakan software utilitas pengoptimalan PC untuk memastikan tidak adanya proses berlebihan yang bisa menghambat kinerja game. Kamu juga dapat menghapus temporary file dan mendefrag hard disk. (tapi jangan lakukan jika menggunakan SSD).

Jika menggunakan Windows 10, kamu juga harus memastikan untuk menginstal Creatore Update yang diluncurkan pada bulan April 2017. Pembaruan tersebut telah mencakup fitur Game Mode yang memprioritaskan sumber daya komputer pada game yang sedang kamu mainkan.

Itulah artikel mengenai Cara Meningkatkan FPS Ketika Bermain Game. Semoga bermanfaat.

Leave a reply "Cara Meningkatkan FPS Ketika Bermain Game"