Cara Menggunakan Joystick Nintendo Switch di PC

No comment 1450 views

PanduanGame.id – Setelah membahas Spek Minimum PC FIFA 20, kali ini admin akan membahas tentang Cara Menggunakan Joystick Nintendo Switch di PC. Ada satu keuntungan bagi kita ketika Nintendo memilih untuk menggunakan teknologi Bluetooth standar pada Nintendo Switch.

Keuntungan tersebut adalah kita dapat dengan mudah menggunakan kontroller atau Joystick Nintendo Switch di perangkat PC, Mac, dan bahkan perangkat android. Yang kamu perlukan untuk menggunakan joystick ini di PC adalah penerima Bluetooth (jika belum memiliki Bluetooth internal).

Cara Menggunakan Joystick Nintendo Switch di PC

Cara menyambungkan kontroller Joy-Con

Kamu dapat dengan mudah memasangkan kontroller Joy-Con pada komputer Windows atau Mac, langsung dari menu Bluetooth. Ikuti langkah-langkah di bawah ini :

— Langkah 1 : Aktifkan Bluetooth di PC / Mac.

— Langkah 2 : Disconnect Joy-Con dari Switch seperti biasa.

— Langkah 3 : Tahan tombol “sync” pada Joy-Con (terletak di antara tombol SR dan SL) hingga lampu LED mulai berkedip.

— Langkah 4 : Cari Joy-Con di menu Bluetooth komputer dan pilih opsi untuk memasangkannya dengan perangkat. Kamu dapat memeriksa apakah kontroller telah tersambung atau belum dengan melihat pengaturan Bluetooth komputer. Jika melihat pesan error “That didn’t work”, gerakkan kontroller untuk memastikan tidak ada perangkat lain yang mengganggu sinyal. Kemudian coba lagi.

Cara menyambungkan kontroller Pro Switch melalui Steam

Klien beta Steam telah secara resmi mendukung Switch Pro Controller dan memberi pilihan untuk menggunakannya pada semua game.

— Langkah 1 : Download klien beta Steam dan masuk ke menu “pengaturan pengontrol” di Steam. Dari sini, kamu dapat memeriksa dukungan untuk Switch Pro Controller dan mengaktifkan opsi “menggunakan tata letak tombol Nintendo”, yang mengubah semua tombol permainan dan mencocokkannya dengan kontroller Pro Switch. Jika pilihan ini tidak dicentang, tombol A / B dan X / Y akan ditukar, seperti Xbox One.

— Langkah 2 : Berikutnya, colokkan kontroller Pro Switch dengan kabel USB dan kamu akan diminta untuk mendaftarkannya.

— Langkah 3 : Setelah selesai melakukannya, pilih “konfigurasi pengontrol” untuk dapat mengatur fungsi setiap tombol, membuat konfigurasi preset untuk game tertentu, atau memilih konfigurasi anggota komunitas sendiri dengan menekan tombol X. Jika ingin, kamu bahkan dapat mengikat sensor gyro ke fungsi tertentu.

Cara Menggunakan Joystick Nintendo Switch di PC Melalui Bluetooth

Jika tidak menggunakan Steam, kamu juga dapat menghubungkan Joystick Nintendo Switch langsung ke PC Windows atau MacOS melalui bluetooth. Cara ini sedikit lebih rumit, jadi admin hanya menyarankan metode ini ketika kamu ingin bermain game pada platform berbeda, seperti EA Origin, Ubisoft’s UPlay store, dan Battle.Net.

Sama seperti kontroller Joy-Con, kamu dapat menggunakan Bluetooth untuk menyambungkan Joystick Nintendo Switch ke PC desktop. Langkah-langkahnya pun pada dasarnya hampir sama dengan menghubungkan Joy-Cons. Jadi silahkan baca kembali langkah-langkah yang sudah admin tulis tadi.

Joystick Nintendo Switch tampaknya menggunakan DirectInput, sehingga membuatnya tidak kompatibel dengan banyak game baru. Salah satu cara untuk menyiasati ini adalah dengan mendownload program x360ce (http://www.x360ce.com/), yang menerjemahkan perintah DirectInput untuk game XInput. Program ini secara khusus dirancang untuk kontroler Xbox 360, jadi x360ce juga akan mengenali Joystick Nintendo Switch.

Itulah artikel mengenai Cara Menggunakan Joystick Nintendo Switch di PC. Semoga bermanfaat.

Leave a reply "Cara Menggunakan Joystick Nintendo Switch di PC"