Cara Menggunakan Joystick di PCSX2

No comment 28392 views

PanduanGame.id – Setelah membahas Spek Minimum PC World of Warcraft : Battle for Azeroth, kali ini admin akan membahas tentang Cara Menggunakan Joystick di PCSX2. Bagi kamu yang tidak terbiasa menggunakan keyboard dan lebih familiar dengan joystick, jangan khawatir karena emulator PS2 ini mendukung input secara kustom. Dalam tutorial ini, admin akan menunjukkan bagaimana cara men-setting joystick supaya dapat digunakan dengan lancar.

Konfigurasikan Keyboard, Kontroller, atau Mouse

Kamu dapat memilih dari beberapa metode input pada emulator PCSX2, tergantung preferensi pribadi, hardware yang tersedia, dan game yang dimainkan.

Cara Menggunakan Joystick di PCSX2

1. Klik dua kali ikon emulator PlayStation 2 PCSX2

Setelah aplikasi terbuka, kamu akan melihat jendela konfigurasi utama.

2. Cari pilihan ‘Config’

Klik tab ‘Config’, kemudian pilih ‘Controllers (PAD)’, dan klik pada ‘Plugin Settings’. Langkah ini akan membuka jendela baru dimana kamu bisa mulai menyesuaikan keyboard, controller, atau mouse.

3. Konfigurasi keyboard API

Jika lebih suka menggunakan keyboard untuk bermain game PS 2, kamu harus memilih salah satu dari ketiga opsi yang tersedia. Untuk sistem operasi baru seperti Windows 10, silahkan memilih ‘Windows messaging’. Untuk sistem operasi lama seperti Windows XP, silahkan memilih ‘Raw input’. Dan bagi kamu yang menggunakan keyboard khusus atau perangkat pihak ketiga, silahkan memilih ‘DirectInput’.

4. Jika lebih suka menggunakan gamepad, joystick, atau kontroler, silahkan memilih ‘Game Device APIs’ pada menu pengaturan

Jika menggunakan joystick PS2, cukup centang ‘DirectInput’. Namun bagi kamu yang menggunakan kontroller Xbox 360, silahkan pilih ‘Xinput’. Untuk pengguna kontroller PS3 dan telah menginstal semua driver, silahkan pilih ‘DualShock 3 native mode’.

Kamu juga bisa mencentang ‘Monitor when in background’. Pilihan tersebut berfungsi untuk membiarkan menekan tombol pada gamepad saat emulator diminimalkan, namun tetap membiarkan permainan menerima input.

5. Dalam beberapa kasus tertentu, kamu mungkin membutuhkan mouse

Jika membutuhkan mouse, kamu harus memilih ‘Mouse API’. Sama halnya dengan pengaturan keyboard pada langkah nomer 3 di atas, kamu harus memilih sesuai dengan sistem operasi yang digunakan. Namun, jika tidak memainkan game yang memerlukan mouse, pastikan untuk menonaktifkan pilihan.

Tetapkan Key Bindings untuk PCSX2

Setelah memiliki kontroler dan metode input lain, kamu perlu mengkonfigurasi Key Bindings. Keuntungan dari penggunaan PCSX2 adalah, kita dapat melakukan beberapa hal yang biasanya tidak dapat dilakukan oleh PlayStation 2.

1. Misalnya ingin agar satu tombol dapat melakukan beberapa fungsi.

Sebagai contoh dalam game King’s Field, jika ingin memusatkan pandangan maka kamu perlu menekan tombol ‘L2’ dan ‘R2’ secara bersamaan. Nah, agar lebih efisien, kamu dapat memilih ‘Allow binding multiple PS2 controls to one PC control’, sehingga ‘L2’ dan ‘R2’ dapat difungsikan pada satu tombol.

2. Bagi kamu yang ingin memainkan game multiplayer lebih dari dua pemain dan membutuhkan lebih dari dua port kontroller, centang ‘Port 1 Multitap’ atau ‘Port 2 Multitap’. Ini akan memungkinkanmu untuk mengatur beberapa binding gamepad.

3. Setelah mengatur semuanya, ketuk tab ‘Pad 1’ atau ‘Pad 2’ di bagian atas layar untuk kontroller yang ingin digunakan.

4. Pada tab ‘Pad 1’, kamu akan melihat banyak keybindings di sisi kiri dan semua tombol yang tersedia di sisi kanan.

5. Kamu bisa membiarkan kontroller menggunakan pengaturan default atau merubahnya semaumu.

6. Sisi kiri juga bisa dibersihkan untuk mengatur input satu persatu secara manual

Dari sini, kamu bisa mengatur kontrol untuk setiap input secara terpisah sesuai keinginan.

Sekarang kamu sudah tahu Cara Menggunakan Joystick di PCSX2. Setelah selesai mengonfigurasi semuanya sesuai dengan preferensi, klik ‘OK’.

Itulah artikel mengenai Cara Menggunakan Joystick di PCSX2. Selamat bermain.

Leave a reply "Cara Menggunakan Joystick di PCSX2"